Plt. Dirjen Bimas Hindu, Sri Marheni Terima Audiensi STAH DN Jakarta terkait Penyusunan MOU Pengembangan Kualifikasi dan Kompetensi Penyuluh Non PNS

bimas-hindu-3

NarasiTimes.Com, Jakarta – (03/08) Komang Sri Marheni Plt. Dirjen Bimas Hindu didampingi Trimo Direktur Urusan Agama Hindu dan Ida Made Pidada Kasubdit Penyuluh Hindu menerima audiensi dari I Made Sutresna Ketua Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara (STAH DN) Jakarta bersama timnya.

Audiensi ini bertujuan untuk silaturahmi sekaligus menguatkan kerjasama Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu (PTKH) dengan Ditjen Bimas Hindu dalam berkolaborasi dan bersinergi memajukan umat hindu dalam pengembangan kualifikasi dan kompetensi.

STAH DN Jakarta menjadi pelopor penyusunan MOU terkait pengembangan kualifikasi dan kompetensi bagi Penyuluh Agama Hindu Non PNS antara Ditjen Bimas Hindu dengan PTKH.

bimas-hindu-2

Komang Sri Marheni menyampaikan “saat ini pemetaan kualifikasi pendidikan Penyuluh Agama Hindu masih dalam proses dan setelah rampung akan segera kita buatkan draft perjanjian kerjasama yang dituangkan dalam MOU dengan PTKH untuk pengembangan kualifikasi dan kompetensi mereka kedepannya”.

Hal ini disambut baik oleh I Made Sutresna yang mengatakan bahwa “program ini akan banyak menarik minat anak muda Hindu untuk menempuh pendidikan di PTKH karena mereka dapat mengembangkan kualifikasi, kompetensi, kualitas dan kapasitasnya melalui program kerjasama ini”.

Setidaknya ada 409 orang penyuluh dengan kualifikasi pendidikan belum S1 (370 orang SMA, 13 orang D2 dan 26 orang D3) dan terdapat 276 orang penyuluh dengan kualifikasi pendidikan S1 Non Keagamaan yg tidak linier dengan kompetensi sebagai Penyuluh Agama.

Penyuluh Agama Hindu Non PNS ini perlu diberikan kesempatan pengembangan diri agar bisa memberikan kontribusi maksimal dalam melaksanakan penyuluhan memajukan umat Hindu pada setiap daerah binaannya.

Tentang Penulis

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.