Ari Dwipayana : 30 Tahun Candi Prambanan sebagai Warisan Budaya Dunia Sejalan dengan Pengembangan Pariwisata

aridwipayana

NarasiTimes.Com, Yogyakarta – Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakay Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia bekerjasama dengan PT Taman Wisata Candi (TWC) melaksanakan Prambanan Conference yang merupakan peringatan 30 Tahun Candi Prambanan Sebagai Warisan Budaya Dunia pada Rabu (23/12/2021) di Komplek Rama Sinta Lingkungan Candi Prambanan, Yogyakarta.

Koordinator Staf Khusus Presiden RI, AGGN Ari Dwipayana berpesan agar pengembangan Candi Prambanan sebagai warisan cagar dunia tidak harus dikontraskan dengan pengembangan pariwisata.

“Pengembangan pariwisata tidak harus dikontraskan dengan pelestarian cagar budaya. Pariwisata yang menghormati dan menjaga heritage” ungkapnya yang juga hadir secara virtual.

Selain itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga S. Uno berharap agar pemanfaatan Candi Prambanan sebagai warisan budaya dunia juga memberi dampak positif pada masyarakat sekitar.

“Pemanfaatan Candi Prambanan sebagai warisan budaya dunia kita harapkan membawa dampak positif dari sektor budaya, ekonomi, dan sosial kepada masyarakat sekitar” ungkapnya yang hadir secara virtual melalui Zoom Meeting.

Sedangkan Direktur Urusan Agama Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI, Trimo dalam sambutanya menyampaikan harapanya, Candi Prambanan dapat menjadi pusat pengembangan nilai spritual dan peradabahan Hindu nusantara bagi dunia.

“Candi Prambanan memiliki nilai-nilai spritual yang luar biasa, untuk itu harus kita tunjukkan dan sebarkan agar nilai-nilai yang lahir dari spirit nusantara dapat menjadi inspirasi bagi dunia” ungkapnya.

Tentang Penulis

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *